RANGKAIAN ALARM SENSOR SUHU DENGAN THERMISTOR

Thermistor adalah salah satu jenis yang mempunyai koefisien temperatur yang sangat tinggi. Fungsi utama dari komponen ini dalam suatu rangkaian elektronik adalah untuk mengubah nilai resistansi karena adanya perubahan temperatur dalam rangkaian tersebut. Kali ini kita akan membuat rangkaian sensor suhu dengan thermistor, dimana buzzer/alarm menjadi indikator.
Berikut komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian sensor suhu dengan thermistor :
·         Power supply 5 volt dan 9 volt
·         Sensor suhu thermistor (NTC)
·       Variabel resistor/potensiometer 10 K
·         Resistor 10 K dan 100 ohm
·         Transistor NPN
·         Relay
·         Buzzer/alarm
Setelah semua komponen terkumpul maka saatnya kita merangkai rangkaian sensor suhu dengan thermistor dimana alarm sebagai indikator. Berikut rangkaian alarm sensor suhu :
Rangkaian Sensor Suhu
Prinsip kerja dari rangkaian alarm sensor suhu dengan thermistor diatas :
  1. R3, Thermistor dan VR1 dipasang seri supaya dapat menentukan pembagian tegangan yang sesuai yang akan diberikan ke transistor switching.
  2. Tegangan supply adalah sama dengan jumlah tegangan yang jatuh pada R3, Thermistor dan VR1. Tegangan pada VR1 paralel terhadap basis transistor, sehingga pada saat tegangan pada VR1 mencapai 0,7 volt maka transistor akan aktif dan mengaktifkan relay sehingga alarm/buzzer akan terenergise .
  3. Thermistor dipasang pada bagian atas dari VR1 dimaksudkan supaya pada saat suhu naik tegangan pada titik trigger (basis transistor = VR1) akan mengalami kenaikan, dikarenakan thermistor (NTC) tersebut akan mengalami penurunan nilai resistansi seiring dengan kenaikan suhu.
  4. Anda bisa saja menukar posisi thermistor dengan VR1 dengan tujuan agar rangkaian alarm akan aktif pada saat suhu mengalami penurunan.
  5. Anda bisa juga meengganti nilai R3 dan VR1 untuk mendapatkan sensitifitas yang sesuai dengan karakteristik thermistor yang anda miliki dan sesuai keinginan anda.

Mengenal GIMP lebih sederhana

masih inget waktu itu lagi iseng2 cari tutorial buat wallpaper HP. waktu cari2 di mbah google nemu deh yang namanya program GIMP. waktu gue liat dalm hati gue :"program apaan nih....?" gue pikir 'tu program cuman bisa bikin walpaper hp ajah . tapi ternyata banyak yang bisa dilakukan oleh GIMP. Apa sih GIMP itu? GIMP adalah program untuk memanipulasi gambar yang digunakan pada linux (di windows juga bisa kok).jadi GIMP tuh kayak photoshop....

trus apa bedanya photoshop dengan gimp? kasih tau gak yah...????
kasih tau deh....


  • yang paling penting dan utama adalah karena program ini bersifat open source alias GRATIS...... trus ada yang bilang:"photosopku juga gratis..?". itu mah yang bajakan. Sebenarnya harga photoshop yang asli bisa sampai (cari di google) RP. 4.790.000 di ebay bahkan ada yang sampai RP. 7.499.000 (Mahal beeut....!!!! itu mah klo buat beli hp'q kembaliannya bisa buat beli hp lagi....:P)
  • Bisa digunakan di windows,Llinux (ya iyalah emang nih program dari Linux) dan mac OS sedangkan photoshop tidak bisa digunakan di Linux. Kalau pun bisa harus pake soft ware tambahan yang namanya WINE (ntar mabuk dong....:P)
  • Aplikasinya ringan (sekali). Pernah waktu itu mau minta temen tapi flashdisk gak cukup. Download di warnet kecepatanya cuma 20 KB/s kalo download GIMP 5-15 menit ajah sudah selesai
  • enak banget waktu pakainya. gak ribet kaya photoshop*)
*khusus yang ini tergantung dari pribadi masing - masing
 Selain kelebihan ada juga beberapa kekurangan mulai dari yang sederhana sampai menjengkelkan :
  • menurut beberapa orang (menurut saya enggak) tool serta efek nya masih kalah dengan photoshop
  • kalo dari pengalaman gue yang paling sering adalah sering crash di windows 7 (gue juga gak tau kok bisa gini tapi mungkin ada yang bisa bantu)
  • susah banget cari tutorialnya. kalau ada pun cuman yang dasar atau bahasanya bahasa inggris
jadi gimana, mau coba? atau yang sudah sering pake photoshop juga gak ada salahnya untuk coba program ini. download nya di situs resmi GIMP atau download disini

Activity Diagram

Mengenal Activity Diagram Activity Diagram adalah salah satu diagram yang ada pada UML yang menggambarkan langkah - langkah aktifitas yang...